Pengalaman Lebaran Ditengah Pandemi

oleh: fida

Lebaran tahun ini dirasakan oleh keluarga saya dan seluruh umat yang merayakan yang tidak bertemu keluarga besarnya di kota kelahiran. Menurut saya ada momen dan kehangatan yang hilang ketika tidak bisa merayakan bersama mereka dan hanya bisa mengucapkan selamat hari raya idul fitri lewat virtual tidak bisa bertatap muka seperti tahun-tahun sebelumnya.

Lebaran tahun ini juga dirasakan oleh umat muslim di kota yogyakarta melakukan silaturahmi lewat video call guna untuk menyemarakkan hari raya idul fitri tahun ini, kata Ningrum “ya.. biasanya saya mudik ke Bandung tapi sekarang silaturahminya harus melalui virtual karena ada pandemi covid 19 ini”.

Adri Bhirawasto tahu pahitnya tidak biss berkumpul dengan keluarga lantaran harus bersiaga di check poin di Cipularang agar tak ada pemudik untuk mengurangi penyebaran virus corona. Personel Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) Cipularang dan 28 rekannya harus melakukan shalat idul fitri di kantornya secara bergantian agar tetap bisa mengawasi pemudik yang nekat mudik ditengah pandemi seperti ini.